3.3.a.10.2.Jurnal Refleksi Minggu Ke 24 - Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid
O
l
e
h
Tatat Kurniawati S.Pd
CGP Angkatan 4
Kab.Bandung Barat
Halo sahabat guru penggerak, kegiatan refleksi 24 merupakan jurnal refleksi terakhir dalam kegiatan guru penggerak pada angkatan ini. Alhamdulillah Program Guru Penggerak akan segera berakhir dan semoga kita semua dinyatakan lulus dalam prgram ini.
3.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 24 Guru Penggerak
Dalam kegiatan refleksi minggu 24 ini, saya menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Finding and Future)
Fact (Peristiwa):
Pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022,diawali dengan Elaborasi Pemahaman sesi Instruktur bersama Ibu Kartika Yulianti untuk menguatkan pemahaman mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid.
Kemudian pada hari Rabu tanggal 15 juni 2022,kami melanjutkan dengan Koneksi Antar Materi,yaitu keterkaitan antara Modul 1.1 sampai dengan modul 3.3.
Dokumentasi Koneksi Antar Materi dapat dilihat pada link dibawah ini:
Pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022,masuk dalam kegiatan untuk merancang Aksi Nyata. Pada kegiatan awal saya membuat rancangan untuk kegiatan aksi nyata dengan menyusun program/ kegiatan yang berdampak pada murid.
Pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2022,kegiatan yang kami lakukan adalah mengisi Post Test Modul 3 Alhamdulillah saya sudah melaksanakan post tes.
Pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2022,CGP melakukan kegiatan Lokakarya 6,pada kegiatan ini membicarakan tentang program yang berdampak pada murid (berdiskusi) yaitu berbagi program impian,manajemen resiko dan monitoring serta evaluasi agar program dapat berjalan dengan lancar.
Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan pada lokakarya enam ini.
Berikut adalah dokumentasi Lokakarya 6 :
Feeling (Perasaan):
Setelah saya mempelajari materi tersebut, perasaan saya :
Bersyukur bisa belajar dan berbagi melalui pendidikan guru penggerak sampai dengan hari ini.
Bangga bisa memberikan kebermanfaatan pada sekolah dan komunitas ilmu dipendidikan guru penggerak.
Bahagia bisa berdiskusi dengan rekan-rekan CGP hebat.
Sedih pada modul akhir ini menandakan kegiatan PGP akan berakhir.
Finding (Pembelajaran):
Mengembangkan ide menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana prgram atau kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam mengelola sekolah yang berdampak pada murid.
Bentuk program dan strategi memilih bentuk program yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan aspek-asepk dalam mengembangkan program dan manajemen resiko dan mengelola resiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid serta prinsip monitoring, evaluasi dan implementasi dalam pengelolaan program.
Pengelolaan program yang berdampak pada murid tentang bentuk program sekolah sederhana dan membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid serta dalam pengelolaan program dengan strategi MELR dan manajemen resiko.
Future (Penerapan) :
- Menganalisis aset apa yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan program.
- Merencanakan program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA.
- Menerapkan manajemen resiko dan mengelola resiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid.
- Melakukan monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan program.
Demikian pemaparan saya mengenai kegiatan pada minggu terakhir modul 3.3
Salam Guru Penggerak
Bergerak,Tergerak dan Menggerakan
Komentar
Posting Komentar