n dalam Pengelolaan Sumber Daya

 


3.2.a.8. Elaborasi Pemahaman - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

O

L

E

H

Tatat Kurniawati S.Pd

Calon Guru Penggerak

Angkatan 4

Kab. Bandung Barat


Tujuan Pembelajara Khusus:  

CGP dapat mengelaborasi pemahamannya tentang strategi pengelolaan sumber daya  melalui proses tanya jawab dan diskusi menggunakan moda konferensi daring dengan instruktur.

Contoh video pembelajaran dapat dilihat melalui link dibawah ini:

https://youtu.be/dj6sTmiD1XM


Setelah menonton video tersebut, tuliskanlah hal-hal menarik yang Anda temukan dari video tersebut yang berhubungan materi kita, yaitu pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya.  Apa peran kita sebagai pemimpin dalam video tersebut?

Hal menarik yang saya temukan pada video tersebut adalah Guru sebagai pemimpin pembelajaran mengajak muridnya untuk membuat sekolah menjadi nyaman untuk belajar,fasilitas yang harus dibuat supaya nyaman adalah ruang kelas,perpustakaan dan lapangan sekolah.Saya melihat dari video tersebut,anak-anak begitu ceria dan bersemangat dalam belajar dan berkreasi.Kita sebagai guru harus membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi murid dengan belajar sambil bermain dan memanfaatkan kekuatan/aset yang ada dalam lingkungan sekolah.Selaras dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak,agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia,maupun anggota masyarakat.Jika makna pendidikan secara umum adalah mengembangkan segala kekuatan,maka demikian juga dengan sekolah sebagai komunitas yang bergerak dalam dunia pendidikan.Sudah semestinya sekolah melakukan pengembangan berdasarkan kekuatan yang ada.

Sekolah sebagai sebuah institusi pendidikan perlu mengembangkan diri untuk menjadi tempat murid dan warga sekolah berkreasi dan berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan.Untuk mencapai hal ini diperlukan ekosistem sekolah yang mendukung.

 Peran kita adalah guru sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu mengelola sumber daya yang ada.Guru sebagai salah satu aset sekolah harus mampu membangun ekosistem sekolah yang dapat mengembangkan daya kreasi peserta didik dalam mewujudkan visi sekolah.

Agar visi dan misi sekolah tercapai seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran tentu dituntut agar mampu mengidentifikasi semua sumber daya dimaksud bisa saja dalam bentuk sumber daya biotik ataupun abiotik.Kedua sumber daya tersebut tentu tidak hanya sumber daya yang ada diluar sekolah atau dengan kata lain sumber daya daerah.

Buatlah juga pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang akan mengelaborasi pemahaman Anda mengenai materi ini.

Pertanyaan lanjutan

1.Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin pembelajaran dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektip?

2.Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini?

3.Bagaimana solusi terbaik,apabila seorang pemimpin pembelajaran belum mampu mengidentifikasi dan menerapkan pembelajaran berdasarkan kekuatan yang ada di sekolah/daerahnya?

Demikian tadi pertanyaan sebelum dilakukan elaborasi dengan Instruktur.


Terima Kasih

Semoga Bermanfaat

Salam Bahagia

Salam Guru Penggerak






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Modul 3.3.a.10 - Program Pengelolaan Yang Berdampak Pada Murid

Jurnal Refleksi Minggu Ke 20 - Modul 3.2.a.10.1