3.2.a.3 Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Dalam modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya kita mulai dari kegiatan mulai dari diri.
3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
O
L
E
H
Tatat Kurniawati SP.d
Calon Guru Penggerak Angkatan 4
Kab.Bandung Barat
Ada tujuh pertanyaan pemantik yang harus sahabat jawab dalam Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.
Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?
Selama saya menjadi Guru dan mengabdikan diri selama 18 tahun di SDN Padamekar,saya mengenal 5 pemimpin di sekolah saya.Setiap Kepala Sekolah memiliki karakter dan gaya kepemimpinan tersendiri.Yang paling berkesan dari kelima sosok Kepala Sekolah tersebut adalah beliau semuanya adalah sosok pemimpin yang benar-benar mengayomi Guru di sekolah,memberi teladan,berpikiran terbuka terhadap hal baru/perubahan sehingga memiliki visi sekolah yang jelas dan sesuai zaman.
Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
Menurut saya, sosok pemimpin yang ideal harus mampu memberikan teladan yang baik untuk anakbuahnya serta mampu menjadi:
- Educator
- Manajer
- Supervisor
- Enterpreneur
- Climatemaker
Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.
Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidul dengan lingkungannya. Jika dihubungkan dengan ekosistem sekolah bahwa lingkungan sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, murid, penjaga sekolah yang saling memiliki hubungan timbal balik. Faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah antara lain sumber daya yang ada didalamnya sebagai aset baik infrastruktur, kepala sekolah, guru murid, alam sekitar, masyarakat sekitar.
Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
Peran seorang pemimpin dalam mengelola sumber daya sekolah adalah sebagai seorang manajer. Dalam pengelolaan tersebut, seorang pemimpin harus mampu dalam mengelola :
- Sumber daya manusia
- Sarana dan prasarana
- Sumber daya keuangan
Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Saat ini saya adalah seorang Guru Kelas 4,saya juga diberikan tugas tambahan sebagai bendahara pada PGRI Ranting serta sebagai anggota KKG di gugus,juga saya membentuk KKG sekolah yang saya pimpin untuk memimpin rekan guru lain yang ada di sekolah.Kekuatan yang saya miliki sebagai seorang pemimpin dalam KKG sekolah adalah dapat mengorganisir rekan-rekan guru di sekolah untuk mengelola pembelajaran dengan baik sehingga dapat menciptakan preoses kegiatan belajar mengajar yang inovatif dan berpihak pada murid.
Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
Harapan saya sebagai seorang pendidik, pemimpin dan murid.
Diri sendiri : dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu mengelola sumber daya dengan memaksimalkan potensinya.
Murid : menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid
Sekolah : menjadi seorang pemimpin yang dapat menciptakan iklim baik dan positif untuk ekosistem sekolah
Apa saja kegiatan. Materi, manfaat, yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
1. Materi yang diharapkan
- Cara pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah secara efektip
- Strategi pengelolaan sumber daya
- Cara membuat pemetaan sumber daya yang ada di sekolah
- Cara menganalisis potensi kekuatan sumber daya yang ada di sekolah
2. Manfaat
- Memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya
- Dapat mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
- Dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya dan dapat mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
Harapan saya dalam mempelajari modul ini agar mampu menggali potensi saya sebagai seorang pemimpin yang dapat mengelola sumber daya sekolah.
Salam Guru Penggerak
Komentar
Posting Komentar