2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu Ke 10
2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu Ke 10 Calon Guru Penggerak
Oleh : Tatat Kurniawati Sp.d
CGP Angkatan 4
Kab.Bandung Barat
Tidak terasa sahabat CGP sudah sampai pada minggu ke-10 yang artinya sahabat diminta untuk membuat jurnal refleksi mingguan.
Diminggu ke-10 saya mengikuti pembelajaran dan aktivitas yng telah ditampilkan di LMS.Di minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran,yaitu:
Senin,21 Februari 2022
2.1.a.8.Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1(Pertanyaan)
Selasa,22 Februari 2022
2.1.a.8.1.Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1 Pembelajaran Diferensiasi
Rabu,23 Februari 2022
2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi
Kamis,24 Februari 2022
2.1.a.10. Aksi Nyata - M odul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi
Berikut adalah dokumentasi selama proses Elaborasi dengan Instruktur
Dalam melakukan refleksi minggu ke-10 kali ini menggunakan model refleksi DEAL (Description,Examination dan Articulation of Learning).
Mendeskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan,mengapa,bagaimana).
Pada minggu kesepuluh ini, CGP belajar tentang Pembelajaran Berdiferensiasi melalui LMS Modul 2.1. Dalam materi ini, CGP terlebih dahulu melanjutkan belajar materi sebelumnya. Setelah mendalami materi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi, CGP memperoleh kesempatan melakukan sintesis antar materi dan aksi nyata. Dalam melakukan sintesis materi, CGP bekerja secara mandiri. Sedangkan saat aksi nyata, CGP berkolaborasi dengan sesama CGP dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi.
Calon Guru Penggerak melakukan sintesis antar materi untuk menemukan keterkaitan dari materi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya. Sementara pada bagian Aksi Nyata, CGP membutuhkan upaya ekstra keras untuk bisa menyusun RPP Berdiferensiasi yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
Examination
Menganalisis pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap tujuan/rencana yang telah dibuat sebelumnya.
Saya tidak mengalami kesulitan dalam menyusun keterkaitan antar materi yang telah dipelajari. Hal ini karena dalam proses pembelajaran daring, saya telah menentukan pokok-pokok materi yang dipelajari dalam setiap modul. Hal ini sebagai hasil belajar dari pengalaman sebelumnya saat masih awal mengikuti program ini. Sementara dalam pelaksanaan Aksi Nyata, saya berusaha memadukan RPP yang sudah ada dengan menambahkan diferensiasi. Namun, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun pada dasarnya sama dengan penyusunan RPP seperti biasa, tetapi kendala tetap ada. Pengalaman menulis RPP sebelumnya hanyalah dasar. Pengembangannya membutuhkan waktu lebih untuk mempelajari lebih lanjut. Kendala terutama dalam melakukan pemetaan kebutuhan peserta didik. Pada sesi latihan ini, RPP berdiferensiasi yang disusun masih menampakkan masalah yang dihadapi murid terutama alokasi waktu dan manajemen kelas yang efektif.
Articulation of Learning
Menjelaskan hal yang dipelajari dan rencana untuk perbaikan di masa mendatang.
Memasuki bagian koneksi antar materi dan aksi nyata ada pembelajaran di dalamnya. Terutama bahwa dalam menentukan aspek diferensiasi saya harus menyiapkan terlebih dahulu pemetaan kebutuhan murid. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan bentuk diferensiasi yang akan dipilih demi tercapainya tujuan pembelajaran. Ke depannya rencana perbaikan yang akan dilakukan terkait pemilihan aspek diferensiasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan murid.
Demikian tadi pemaparan kegiatan yang saya lakukan selama seminggu dalam jurnal refleksi minggu ke-10.
Salam Guru Penggerak
Komentar
Posting Komentar