AKSI NYATA MODUL 1.1 - Pendidikan Guru Penggerak "Pemikiran Ki Hajar Dewantara"

 


Oleh : Tatat Kurniawati Sp.d

Calon Guru Penggerak Angkatan 4

Kab.Bandung Barat

Fasilitator : RUHANIYAH

Pendamping Praktik : DINI SITI ANGGRAENI

Rancangan Tindakan Aksi Nyata

Judul : Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna kemudian Berpusat pada Siswa


Latar Belakang :

Pandemi covid 19 sudah berlangsung hampir 1 tahun,tentunya ini membuat para siswa bosan dalam menjalani proses pembelajaran,karena yang biasanya mereka belajar secara tatap muka bertemu dengan teman-temannya,dapat bermain dengan teman-temannya,berganti menjadi pembelajaran dari rumah tanpa bisa bertemu dan bermain dengan teman-temannya.Dalam kondisi seperti ini diperlukan strategi,metode,cara kreatif yang dilakukan oleh guru di dalam merancang pembelajarannya agar para siswa tidak bosan dan mengalami kejenuhan di dalam mengikuti pembelajaran. Untuk bisa merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa tentunya guru harus terlebih dahulu mengetahui profil siswanya dengan cara melakukan asessmen diagnostik awal.Dengan melakukan ini maka guru akan mudah dapat merancang pembelajaran sesuai yang dibutuhkan siswa.

Tujuan ;

Adapun tujuan dari rancangan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut:

1.Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa,sehingga materi yang mereka pelajari akan menjadi lebih bermakna.

2.Mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center oriented).

3.Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Tolok Ukur :

Adapun tolok ukur keberhasilan dari aksi nyata yang dilaksanakan ini sebagai berikut:

1.Siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

2.Berkembangnya kompetensi yang dimiliki siswa baik dalam aspek kognitif,afektif dan psikomotor.

3.Siswa menunjukan perilaku Profil Pelajar Pancasila

Linimasa Tindakan yang akan Dilakukan   

Rancangan aksi nyata ini akan penulis laksanakan selama kurun waktu 4 minggu dengan rincian sebagai berikut :

Minggu ke 1 (Persiapan)

Untuk tahap persiapan penulis awali dengan melakukan assesmen diagnostik awal untuk mengetahui profil siswa.Setelah mengetahui profil siswa,penulis mulai membuat rancangan pembelajaran sesuai dengan profil siswa yang sudah membuat rancangan pembelajaran sesuai dengan profil siswa yang sudah di dapat.Selanjutnya menyiapkan media-media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran sesuai rancangan yang dibuat.Terakhir membuat kesepakatan belajar dengan siswa.

Minggu ke 2 (Pelaksanaan)

Setelah semua hal selesai dipersiapkan,maka dilanjutkan dengan melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan yang sudah dirancang,mrlakukan kegiatan bermain sambil belajar,memberikan penugasan-penugasan yang variatif yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan potensinya dan juga melakukan penilaian yang variatif sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Minggu ke 3 (Pengumpulan Data)

Pada minggu ketiga penulis mulai mengumpulkan data - data yang diperlukan untuk menyusun laporan rancangan aksi nyata.

Minggu ke 4 (Pelaporan)

Setelah semua data terkumpul barulah penulis mulai menyusun laporan baik secara tertulis maupun dalam bentuk dokumentasi foto.

Dukungan yang dibutuhkan

Untuk melancarkan pelaksanaan rancangan aksi nyata yang telah saya susun tentunya penulis memerlukan dukungan dari berbagai pihak.Adapun dukungan yang saya perlukan yaitu: dukungan dari Kepala Sekolah,Rekan-Rekan Guru dan juga kerjasama dari orang tua siswa.

Demikianlah rancangan aksi nyata filosopfis pendidikan Ki Hajar Dewantara yang dapat saya bagikan.


Salam Sehat dan Bahagia


Aksi Nyata Modul 1.1

DOKUMENTASI AKSI NYATA

1.Pembelajaran dengan cara Guru Berkunjung (JARUNGJUNG)



2.Video Praktik Gerak Dasar Tari Bungong Jempa (SBDP) 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Modul 3.3.a.10 - Program Pengelolaan Yang Berdampak Pada Murid

Jurnal Refleksi Minggu Ke 20 - Modul 3.2.a.10.1

n dalam Pengelolaan Sumber Daya