1.4.a.6.1. Refleksi Terbimbing - Budaya Positif
Refleksi Terbimbing - Budaya Positif Modul 1.4.a.6.1
Pada kegiatan refleksi terbimbing - Budaya Positif modul 1.4 ini CGP diminta menyelesaikan evaluasi diri pada halaman sebelumnya.Berikut ada 8 pertanyaan pemantik untuk menyusun refleksi terbimbing modul 1.4.a.6.1
1.4.a.6.1.Refleksi Terbimbing - Budaya Positif
1.Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah anda pelajari di modul ini,yaitu: disiplin positif,posisi kontrol guru,kebutuhan dasar manusia,keyakinan kelas dan segitiga Restitusi.Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan diluar dugaan?
Disiplin Positif
* Menanamkan motivasi untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya tanpa terpengaruh adanya hukuman atau hadiah sehingga berpengaruh pada motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang.
Posisi Kontrol Guru
1.Penghukum
2.Pembuat Orang Merasa Bersalah
3.Teman
4.Monitot/Pemantau
5.Manajer
Akhir dari 5 posisi kontrol seorang guru adalah pencapaian posisi manajer,dimana di posisi inilah murid dapat menjadi pribadi yang mandiri,merdeka,dan bertanggung jawab atas segala perilaku dan sikapnya,yang pada akhirnya dapat menciptakan lingkungan yang positif,nyaman,dan aman.
Lima Kebutuhan Dasar Manusia
1.Kebutuhan bertahan hidup
2.Cinta dan kasih sayang (Kebutuhan untuk diterima)
3.Penguasaan (Kebutuhan pengakuan atas kemampuan)
4.Kebebasan (Kebutuhan Akan Pilihan)
5.Kesenangan (Kebutuhan untuk merasa senang)
Dengan mengidentifikasi kebutuhan apa yang mendorong perilaku kita,maka perubahan perilaku positif dapat dimulai dengan mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang positif daripada cara yang negatif.
Keyakinan Kelas
Siswa akan lebih tergerak dan bersemangat untuk menjalankan keyakinan,daripada hanya sekedar mengikuti serangkaian peraturan melalui pembentukan keyakinan kelas,yaitu:
*Keyakinan kelas bersifat lebih abstrak daripada peraturan,yang lebih rinci dan konkrit.
*Keyakinan kelas berupa pernyataan universal
*Pernyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif
*Keyakinan kelas hendaknya tidak terlalu banyak,sehingga mudah diingat dan dipahami oleh semua warga kelas
*Keyakinan kelas sebaiknya sesuatu yang diterapkan di lingkungan tersebut
*Semua warga kelas hendaknya ikut berkontribusi dalam pembuatan keyakinan kelas lewat kegiatan curah pendapat
*Bersedia meninjau kembali keyakinan kelas dari waktu ke waktu
Segitiga Restitusi
*Menstabilkan identitas (kita semua akan melakukan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan)
*Validasi tindakan yang salah (semua perilaku memiliki alasan)
*Menanyakan keyakinan (kita semua memiliki motivasi internal)
*Hal yang menarik dan diluar dugaan
*Semua materi di modul 1.4 menarik karena keterkaitan antara satu dan yang lainnya yang tidak bisa terpisahkan dari disiplin positf,posisi kontrol guru,kebutuhan dasar manusia,keyakinan kelas dan segitiga restitusi.
*Dan yang diluar dugaan adalah saya semakin percaya dengan kalimat"Tidak ada murid yang bodoh/nakal,yang ada adalah murid yang belum ketemu dengan guru yang tepat".
2.Tuliskan pengalaman Anda dalam menggunakan konsep-konsep inti tersebut dalam menciptakan budaya positif baik di lingkup kelas mauoun sekolah anda.
Pengalaman saya dalam menerapkan materi ini adalah saya sering menempatkan diri saya dalam posisi kontrol sebagai pembuat rasa bersalah,teman dan pemantau.Untuk posisi kontrol sebagai manajer dan penghukum pun juga pernah akan tetapi hanya sesekali saja.
3.Sebelum mempelajari modul ini,pernahkah Anda menerapkan segitiga restitusi ketika menghadapi murid Anda? Jika iya,ada di posisi manakah anda? Anda boleh menceritakan situasinya dan posisi Anda saat itu.
Sebelum mempelajari materi ini,saya pernah menerapkan segitiga restitusi yaitu restitusi memperbaiki hubungan.Pada saat murid mengganggu dan menyakiti temannya yang membuat temannya menangis,maka saya mendekati murid tersebut untuk menanyakan apa yang terjadi dan permasalahannya seperti apa,kemudian menengahi mereka sehingga mereka bermanfaat dan berbaikan kembali.
4.Perubahan apa yang terjadi pada cara berpikir Anda dalam menciptakan budaya positif di kelas maupun di sekolah anda setelah mempelajari modul ini?
*Untuk menciptakan budaya positif yang berpihak pada murid,maka saya harus memahami beberapa aspek yaitu: disiplin,posisi kontrol guru,kebutuhan dasar manusia,keyakinan kelas dan segitiga restitusi.
*Saya mulai merefleksi dan mengevaluasi budaya disiplin yang selama ini saya terapkan.
*Saya mulai melakukan perubahan dan perbaikan sesuai dengan disiplin positif yang sudah saya pelajari untuk menciptakan budaya positif yang berpihak pada murid.
5.Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?
Dengan memahami posisi kontrol,segitiga restitusi,kebutuhan dasar dan keyakinan kelas kita akan mudah membangun budaya positif di kelas dan di sekolah sehingga tercipta budaya positif dalam menumbuhkan karakter murid sejak usia dini.
6.Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkukgan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?
Saya mulai menerapkan budaya positif dengan konsep perubahan paradigma stimulus respon menjadi posisi kontrol guru,menerapkan keyakinan kelas,bijaksana dalam menyikapi kebutuhan dasar siswa dengan mengarahkan ke pemenuhan secara positif dan melakukan segitiga restitusi.
7.Selain konsep-konsep tersebut,adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah?
Hal-hal lain yang penting untuk untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik dilingkungan kelas maupun lingkungan sekolah adalah karakteristik dan kepribadian murid,gaya belajar dan lingkungan sosial.
8.Langkah-langkah awal apa yang akan Anda lakukan jika kembali ke sekolah/kelas Anda setelah mengikuti sesi ini?
*Diskusi dan kolaborasi dengan siswa untuk menentukan kesepakatan pembiasaan budaya positif
*Bersama murid menentukan budaya positif untuk mewujudkan kesepakatan kelas tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan
*Menerapkan keyakinan dan menjalankan konsekuensinya
Terima Kasih,Salam Guru Penggerak
Bergerak,Tergerak dan Menggerakan
*Melakukan refleksi,evaluasi dan peningkatan
Komentar
Posting Komentar