Koneksi Antar Materi _ Nilai dan Peran Guru Penggerak
Koneksi Antar Materi Modul 1.2.a.9 Nilai dan Peran Guru Penggerak
(Terdiri dari 4 pertanyaan)
1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
Nilai dan peran guru penggerak adalah kompetensi yang harus dimiliki seorang guru penggerak sebagai agen transformasi pendidikan untuk mewujudkan kemerdekaan belajar hingga para peserta didik menjelma menjadi pelajar berkarakter Pancasila.
Nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak yaitu : mandiri,reflektip,kolaboratif,inovatif dan berpihak pada siswa.Nilai tersebut penting bagi seorang guru penggerak agar ia mampu menjalankan perannya yaitu sebagai pemimpin pembelajaran,menjadi coach/mentor bagi guru lain,mendorong kolaborasi antar guru lain,menggerakan komunitas sekolah dan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid.
2.Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan filosopi Ki Hajar Dewantara?jelaskan
Dalam Filosofi KHD bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada yaitu,kodrat alam dan kodrat zaman pada diri anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi - tingginya.Filosofi tersebut berkaitan dengan nilai berpihak pada murid dan peran mewujudkan kepemimpinan pada murid.Sehingga ketika guru menuntun segala kodrat yang dimiliki oleh mereka dengan nilai berpihak pada murid maka sekaligus guru tersebut sudah melaksanakan perannya untuk mewujudkan kepemimpinan pada murid sehingga dengan memahami nilai dan peran tersebut,maka akan terwujud Profil Pelajar Pancasila.
3.Strategi apa yang bisa anda lakukan untuk mencapai nilai dan peran tersebut?
Strategi yang akan dilakukan adalah :
a.Menanamkan komitmen yang kuat untuk bergerak,berinovasi dan berkarya sehingga bisa memotivasi diri untuk selalu bergerak secara dinamis.
b.Selalu belajar dan terus belajar untuk meningkatkan kualitas diri,siap belajar dimana saja,kapan saja dan dengan siapa saja.
c.Terus berlatih dan meningkatkkan kemampuan IT.
d.Terus melatih kemempuan publik speaking agar mampu menginfluence audience dengan baik.
e.Banyak melakukan literasi digital untuk selalu mengugrade wawasan.
f.Mengikuti berbagai forum ilmiah ( webinar,seminar,bimtek,workshop,lomba/kompetensi lainnya.
g.Menggali hal - hal baru agar memahami perbedaan gaya belajar,keberagaman,potensi,bakat dan minat pada anakuntuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.
4.Siapa saja pihak yang dapat membantu anda dalam mencapai gambaran diri anda di demonstrasi kontekstual tersebut?Seperti apa perannya?
Pihak yang dapat membantu adalah:
a.Kepala Sekolah berperan sebagai fasilitator
b.Rekan Guru berperan sebagai Motivator yang dapat memberikan sumbangsih berupa masukan dan saran.
c.Siswa berperan sebagai orientasi utama d.Keluarga berperan sebagai Motivator yang memberikan dukungan moral berupa semangat dan motivasi
e.Diri sendiri berperan sebagai penentu keputusan
Terima Kasih,Salam Guru Penggerak
Bergerak,Tergerak Dan Menggerakan
Mantap teteh...👍❤️❤️❤️
BalasHapus